Ads Here

Minggu, 26 Agustus 2018

Gejala Penyakit Dan Cara Mengobati Penyakit Berak Kapur

Gejala Penyakit Dan Cara Mengobati Penyakit Berak Kapur, Penyakit pullorum merupakan penyakit menular pada ayam aduan yang sering juga dikenal dengan nama berak putih atau berak kapur (Bacilary White Diarrhea = BWD). penyakit ini menimbulkan mortalitas yang sangat tinggi pada anak ayam umur 1 sampai  10 hari. selain ayam aduan, penyakit ini juga menyerang unggas lain seperti kalkun, puyuh, merpati, dan beberapa burung liar.

Ciri ciri penyakit pullorum ditandai dengan berak yang menyerupai kapur (pasta) dan terkadang menempel pada dubur ayam, ayam akan terlihat mengantuk, lemah, nafsu makan hilang dan ayam terlihat bergerombol di suatu tempat. pada patologi anatomi atau bedah bangkai pullorum dan dicirikan dengan hati berwarna kuning dan keras karena pembengkakan, saluran pencernaan tampak bintik-bintik putih sampai usus dengan massa berbentuk keju

Secara umum, setiap berbagai penyakit akan mengalami perubahan bagian organ yang akan terserang. penyakit berak kapur apabila menyerang pada Ayam Bangkok akan mengalami perubahan patologi organ hati dan limpa akan menjadi membesar dan terdapat di ikuti omfalitis. apabila sudah menderita secara kronis akan menyerang bagian organ dalam dan maka akan terjadinya peradangan pada bagian usus buntu yang ditandai dengan bentuk berwarna abu-abu di dalam usus buntu.

Cara Mengobati Penyakit Berak Kapur :


Pengobatan dapat kamu lakukan pada ayam aduan yang kamu miliki adalah dengan menyuntikan antibiotik, misalnya coccilin, neo terramycin, tetra atau mycomas sesuai dengan dosis yang di tentukan. pada biasanya penyuntikan ini dapat dilakukan dibagian sayap. jika ayam sudah kritis, sebaiknya lakukan pemusnahan untuk memutuskan siklus bakteri yang menyebabkan berak kapur kembali. pemusnahan sebaiknya, dilakukan penimbunan yang jauh dari kandang maupun ayam lainnya untuk menghindari kontaminasi bakteri yang ada di dalam ayam yang terkena penyakit tersebut.

Pecenggahan Penyakir Berak Kapur :

Pencegahan untuk mengantisipasi penyakit berak kapur menyerang pada ayam dapat dilakukan dengan cara membersihkan kandang, peralatan, membersihkan sisa makanan dalam kandang, melakukan sanitasi kandang, dalam pembersihan sebaiknya menggunakan antiseptic untuk membantu mengurangi bakteri atau jamur yang menempel dalam kandang. selain itu, melakukan pemberian pakan yang bergizi, dan melakukan penyuntikan antibiotik dengan baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh ayam dari serangan berbagai macam penyakit.

Gejala Penyakit Berak Kapur :

Penyakit Berak Kapur pada ayam bangkok aduan atau juga pada ayam aduan lainnya, bisa kamu lihat dengan tanda dan ciri ayam bangkok diare serta mengeluarkan kotoran yang berwarna putih serta pada bagian dubur ayam terlihat mengeluarkan lendir.

Sebaiknya, jika kamu sudah melihat tanda tanda ayam bangkok terserang penyakit berak kapur, segera lakukan pengobatan secara khusus, pisah ayam dengan ayam lainnya, kita tempatkan di kandang kusus, Isolasi. karena penyakit berak kapur bisa menulari ayam lain yang belum terinfeksi,.

Munking cukup sampai disini dulu ulasan yang dapat saya sampaikan kepada kamu semua tentang gejala dan cara mengobati penyakit berak kapur pada ayam laga aduan, semoga dengan adanya ulasan yang saya berikan ini dapat untuk  membantu dan menambah wawasan kamu semua seluruh para pecinta ayam aduan di indonesia. dan jangan lupa juga untuk membaca artikel menarik lainnya yang sudah saya sediakan pada artikel kami sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar